Peta Belajar #Matrikulasi 10 Institut Ibu Profesional


MERDEKA BELAJAR

Wow, belajar saja perlu merdeka ya. Iya dong, tapi definisi merdeka di sini tentu bukan merdeka secara bebas (freedom) tapi merdeka yang bermakna indepen tidak bergantung kepada orang lain). Definisi merdeka belajar sendiri adalah " Perubahan tingkah laku (menjadi lebih baik) tanpa adanya tuntutan (Samudera Amarta Matrikulasi 10). Topik Merdeka Belajar kali ini disampaikan oleh Widyaswara Lulu Maslukanah dari IP Kediri. Setelah mendengarkan penjelasan beliau, rasanya seperti tertampar, karena diri ini tuh banya maunya pengen ini itu tapi biasanya karena tuntutan orang lain. Kalaupun karena keinginan diri sendiri, ternyata berakhir tidak bisa berkomitmen karena belum menemukan strong why. 

Padahal kalau kata Ibu Septi, "Tidak mudah, tapi kita bisa membuatnya menyenangkan".

Semenjak beralih peran dari yang sebelumnya lebih dari 10 tahun beraktivitas di ranah publik sebagai pegawai kantoran, tidak terasa (bohong kalua ga kerasa mah) sudah hampir 1 tahun saya menjalani peran di ranah domestik.

Bohong kalau saya bilang bahwa saya benar-benar menikmati hal ini. Namun tentu saja saya berusaha semaksimal mungkin untuk menikmati dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah bisa saya coba. Saya kini berfokus untuk tetap dapat mengaktualisasi diri dengan kegiatan yang juga memaksa saya untuk memiliki kegiatan rutin disamping kegiatan domestik rumah.

Kali ini para mahasiswa diminta untuk membuat Peta Belajar. Coba kita tulis dulu seberapa banyak hal yang ingin saya pelajari ya. Yah, hitung-hitung anggap sebagai doa.

Saya ingin menjadi illustrator, dengan cita-cita suatu saat bisa memiliki buku ilustrasi yang dibuat sendiri atau berkolaborasi dengan orang lain.

  • Saya ingin menjadi penerjemah Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia, fokusnya dengan menerjemahkan buku atau film.
  • Saya ingin mempelajari bagaimana dapat mengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Korea (bisa bahasanya mah bisa, tapi kalua diminta mengajar kok bingung ya).
  • Saya ingin mempelajari Bahasa Arab (sudah pernah belajar tapi belum diseriusin lagi).
  • Saya ingin memperdalam konsep mindful living.

Alhamdulillah, kok banyak sekali yah haha

Coba dilihat-lihat kembali, dengan tujuan utama saya untuk "menjadi perempuan dan istri yang  produktif dan berkontribusi dari rumah", saya putuskan untuk mengambil 3 ilmu yang ingin saya fokuskan terlebih dahulu.




ILUSTRASI

Saya sudah tertarik dengan dunia ilustrasi semenjak kecil, besar dengan anime, namun terhenti pada saat kuliah dan bekerja. Belajar mengenai ilustrasi di masa sekarang ternyata semakin banyak media yang bisa dipilih sebagai sumber pembelejaran. Saya bisa belajar dari kelas online dan tutorial di youtube. Selain itu saya juga bisa langsung praktik denga cara mengikuti draw this in your style challenge sekaligus sebagai ajang promosi karya saya. Maka saya akan berkomitmen untuk menggambar setiap hari minimal selama 30 menit atau hanya sekedar membuat sketsa dengan mencari referensi gambar. Selain itu juga dengan mengikuti kelas online gratis/challenge dari illustrator lain sebagai bahan berlatih.

PENERJEMAH BAHASA INGGRIS-BAHASA INDONESIA

Meski sudah pernah menempuh pelatihan formal untuk menerjemahkan teks Bahasa Inggris, saya masih harus banyak belajar dan praktek. Saya berkomitmen untuk memperdalam ilmu tersebut dengan menonton potongan video terjemahan yang ada di Youtube sebagai bahan pembelajaran, serta secara rutin berkontribusi dalam proses penerjemahan video Bahasa Inggris yang selama ini sudah pernah saya lakukan. Sumbernya selain dari Youtube, juga termasuk dengan komunitas translator yang saya ikuti.

MINDFUL LIVING

Mencari tahu dan menerapkan konsep Mindful Living dalam kegiatan sehari-hari. Setelah berhenti bekerja di ranah public, saya merasa seharusnya saya lebih dapat beraktivitas dengan tenang dan terncana tanpa harus terburu-buru. Konsep Mindful Living disini saya pelajari melalui buku, konten media social dan kelas online. Saya berkomitmen dengan menerapkannya pada setiap aktivitas yang saya lakukan. Misalnya dengan merutinkan berolahraga bukan karena paksaan tapi karena ingin sehat sekaligus menikmati udara dan sinar matahari pagi. Kemudian memasak dengan lebih terencana dan menggunakan bahan yang alami sehingga mengurangi kemungkinan untuk membeli makan di luar yang bisa jadi belum terjamin kebersihannya. Berusaha makan dengan perasaan senang untuk memberikan asupan nutrisi baik bagi tubuh, bukan sekadar hanya memuaskan keinginan lidah semata.

 REFLEKSI 3B

Insya Allah, ilmu dan sumber belajar yang saya pilih sudah BAIK, karena diantaranya tentu saja diberikan oleh Lembaga formal atau pengajar yang memang sudah memilki pengalaman di bidang tersebut. Sudah BENAR karena sesuai dengan tujuan dan BERMANFAAT baik untuk diri saya sendiri dalam mencapai tujuan belajar dan semoga dapat memberikan dampak yang baik bagi orang di sekitar saya.

Catatan kaki : Psst, nanti akhir tahun tentu akan saya evaluasi sudah sejauh mana hasil dari komitmen yang saya lakukan.

 


Comments

Popular Posts