Jurnal Zona 2 Hari 14 Komunikasi Produktif #Bunda Sayang


Poin komunikasi produktif yang aku latih hari ini adalah transfer of feeling dan choose the right time. Masih sama topiknya seperti kemarin. Bisa pas banget tau-tau jadi deep talk. Deep talk ternyata bikin hati meleleh. Masya Allah nikmat mana lagi yang kau dustakan wahai manusia?


Partnerku berlatih hari ini adalah suami sendiri tentu saja. 


Dari hasil latihanku hari ini, aku menyadari bahwa yang namanya berkeluarga itu isinya ngobrol. Banyakin ngobrol. Banyakin komunikasi. Gimana mau paham satu sama lain kalau komunikasi saja banyak dramanya. Bahkan di surga pun nanti (aamiin) pekerjaan kita apa? Ngobrol! Lagi-lagi ngobrol sama pasangan. Apa yang diobrolin? Yang diobrolin ya apa yang dialami selama di dunia. 


Jadi selama ini, bagi yang masih memandang receh ngobrol, sukanya ngambek, mutung (eh siapa ya). Coba deh bisa praktek komunikasi produktif. Tanpa niat praktek pun nih menurutku, minimal jadi lebih menjiwai saat ngobrol. Mungkin kita selama ini belum pernah memperhatikan perbedaan saat ngobrol kalem dan barbar. Tapi saat sudah tau poin komunikasi produktif jadi lebih memperhatikan saat berkomunikasi dengan kawan bicara tersayang. Siapa lagi kalau bukan suami teman ngobrol 24 jam di kala suka dan duka. 


Day 14 done.


Cheers

Comments

Popular Posts