Jurnal Zona 4 Hari 5 Melatih Kemandirian Anak #Bunda Sayang


 Hari ini sebagai persiapan akan ada tamu di rumah, jadi kudu bersih-bersih. Emang kalo ga ada tamu ga bersih-bersih ya? :)))

Ga lah. Dari dulu sudah komitmen untuk melakukan decluttering secara rutin. Decluttering apa saja. Baju iya, buku iya, alat masak iya. Apalagi imbas dari pindahan dari Jakarta hampir 2 tahun lalu tuh masih ada barang-barang dalam kardus. Ada 4 kardus mungkin. Mau dibilang ga kepake tuh ga mungkin. Ada beberapa kado seperti wadah kaca besar. Yang kalau dikeluarin bakal menuhin dapur yang masih ala kadarnya. Ada juga buku yang belum dibaca (!!!!) Padahal 2 tahun sebelum pindahan sudah mulai menghabiskan buku yang belum dibaca dan menghibahkan buat siapa saja. Sayang sih, tapi gimana lagi biar pas pindahan ga banyak barang. Insya Allah lebib bermanfaat di tangan orang lain. Tapi impian punya perpustakaan pribadi tetap menyala. Meski sudah puasa tidak membeli buku yaaa ada kali 4 tahun ya.

Hari ini berencana untuk melatih kemandirian untuk bebersih terutama decluttering eanpa harus diungatkan pakde. Agendanya decluttering 2 wadah rak di dalam kamar. Yang satu isinya buku, dokumen dan skincare. Yang satu isinya printilan keperluan rumah kaya obat, senter dan semua barang yang butuh tempat.

Tidak banyak yang berubah sih. Hanya lebih fokus ke sortiran kertas-kertas hasil berobat 1 tahun terakhir. Yang sekiranya tidak diperlukan lagi langsung dibuang. Mengelap barang yang berdebu dan bongkar ulang susunan skincare.

Rak skincare yang kugunakan adalah model knockdown dirakit gitu. Jadi perlu dibongkar sebentar agar mudah dibersihkan.

Setelah selesai, ada rasa lega dan puas karena bisa mensortir beberapa item yang sudah tidak diperlukan (quality control kedua dari pakde). Di dalam pikiran juga jadinya lebih bersih plong. Termasuk diingatkan kembali kalau masih punya sisa essential oil yang perlu digunakan lagi dengan diffuser. Dah lama ga nyalain sajen kalo kata pakde.

Dari dulu sebenarnya suka dengar pernyataan seperti ini. Saat pikiran seseorang sedang kacau, biasanya orang tersebut secara naluri ingin beres-beres. Karena sebenarnya mereka sedang ingin membereskan pikiran mereka sendiri.

Dulu pas masih kuliah juga suka gitu. Sudah tau mau ujian malah beres-beres. Pun begitu saat sudah kerja dan tinggal di kosan. Pas lagi suntuk, rasanya langsung pingin beres-beres.

Setelah itu apakah langsung beres semua? Ya tentu nggak dong :D

Day 5 done.

Cheers.


Apakah terlihat sebagai hasil decluttering?


Comments

Popular Posts