Jurnal Zona 7 Hari 2 Pendidikan Seksualitas #BundaSayang

Ceritaku selama menjalankan peran sebagai ibu dalam mengenalkan pendidikan seksualitas ke anak

Karena belum ada pengalaman terkait hal ini, aku akan melanjutkan membahas hasil observasi diri. Dibesarkan sebagai anak perempuan, ternyata banyak hal yang tidak aku dapatkan terutama yang berkaitan dengan aspek feminin. Hasil belajar dari ikut kelas HHM Mba Viddya, ternyata jika seorang perempuan lebih dominan sifat maskulinnya, yang terjadi adalah penyimpangan fitrah yang bisa mencederai batin dan fisik diri. Yang mungkin bisa berujung ke munculnya suatu penyakit. Wallahu alam bisshowab. Setelah diperhatikan, ada banyak sekali sifat maskulin yang aku miliki, apalagi pada saat masih mengambil peran di ranah publik dahulu, sifat maskulin ini tentu sangat berperan dalam hidupku.

Tiba-tiba teringat perkataan seorang rekan kerja laki-laki.

Beliau : “Kalo ibu-ibu kan biasanya rempong banget”

Aku : “Lah aku kan perempuan juga”

Beliau : “Iya, tapi lo beda, bukan ibu-ibu rempong”

Waktu itu hanya berpikir, alhamdulillah ternyata bukan jadi orang yang menyusahkan orang lain, tapi di sisi lain juga sedih. Kenapa sih ibu-ibu selalu dianggap rempong, seperti dinomor duakan, kurang dianggap handal oleh laki-laki. Tapi aku sendiri juga menyadari, sifat maskulin dalam diriku mau tidak mau terbentuk karena dorongan lingkungan.


Hal baik yang sudah dilakukan

Minimal aku sudah menyadari bahwa ada banyak kualitas feminin yang perlu kutingkatkan. Yang selama ini itu hanyalah preferensi orang saja, tapi ternyata sifat tersebut punya banyak andil dalam kesehatan kita.


Hal yang ingin diperbaiki

Mengurangi kemenonjolan sifat maskulin paling tidak di depan suami dan berusaha mengembangkan sifat feminin yang belum dikuasai dengan baik.


Langkah/upaya untuk memperbaiki dengan cara

  • Ingin lebih banyak ngobrol dengan sesama perempuan

  • Ingin bisa berkomunitas dengan lebi banyak ibu-ibu

  • Ingin lebih banyak sharing melalui media sosial untuk menyalurkan hasrat berbicara :D


Day 2 done.

Cheers.


Comments

Popular Posts