Jurnal 1 Berkegiatan Bersama Keluarga


Setelah mendapat informasi tentang misi zona kali ini, langsung lapor ke partner terhebat. Aku sampaikan kalau kami diminta untuk membuat ritual kebiasaan baru ...blabalbalabla

Sudah pasti respon dari pak partner adalah, "Hah? Ritual sajen?"
Yeuh, kapanlah seriusnya pakdhee...
Pas ngobrol pas malam hari, memilihkan waktu terbaik untuk paksu yang pulang kerja dengan kondisi sudah kenyang dan sudah siap mapan (eh) dan tentu saja kita tim di awal repot mengawali diskusi pada hari Kamis tanggal 14 September 2023 pukul 20.00 WITA (eh ga di awal ternyata ya hahah).

Sambil ngobrol, aku menyodorkan aktivitas yang memang sebenarnya sudah biasa kami lakukan selama ini. Mulai dari bebersih rumah (yang besar-besaran), sst paksu hobinya declutternya, ada hubungan kerabat sama Konmari kayanya. Iya, konmari beberes wkwkw. Kenapa menuliskan ini karena sebenarnya kami sedang persiapan menuju mudik, otomatis harus beberes rumah juga. Selain itu ada opsi berjalan pagi di akhir pekan, makan bersama di luar, berkebun, menonton video, atau mendengarkan kajian di masjid.

Sebenarnya masih agak bingung dengan bagian peran ini, tapi gapapa coba aku tuliskan dulu ya.
Peran yang kami sepakati dari kegiatan yang kami susun tentu saja mengikuti template yang selama ini sudah berjalan. Biasanya sang istri sebagai konseptor, pencatat, pencetus ide, menyusun printilan selama aktivitas dan mengingatkan suami. Sedangkan suami berperan sebagai avatar (alias pengendali) dalam rencana istri, menunjukkan jika 'oh ini bisa, oh ini sebaiknya begini' sebagai penasihat utama, lalu yang paling penting sebagai pelaksana utama soalnya istrinya suka meleng. 

Tantangan yang dialami saat membuat ritual ngobrol bareng, menyepaati ide, memunculkan peran dan pembagian sebenarnya tidak lama bagi kami. Apalagi masih berdua ya, tinggal memilih situasi yang kondusif saat paksu ga sedang lelah, kasih cemilan dikit biar senang, baru deh ngobrol. Paling enak sih menjelang tidur, kalau uda ngantuk pasti diiyain. Paling kendala yang terasa adalah mengantuk kalau ngobrolnya terlalu lama, capek, atau sedang tidak fokus.

paksu lagi serius mupung buka laptop

Jurnal 1 done.

Cheers.

Comments

Popular Posts