Jurnal Zona 7 Hari 10 Pendidikan Seksualitas #BundaSayang


Hari ke-3 parade diisi oleh kelompok wag 3 Mom of Teens dengan topik Pendidikan Seksualitas untuk Remaja (7-15 tahun) dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

Melihat pembuka dari MC dan intro video rasanya semangat sekali. Selalu suka deh sama rombongan emak-emak yang public speakingnya baguuus banget memandu acara.

Pemaparan kali ini nampak lebih detail dan lebih serius karena memang terkait dengan pendidikan seksualitas yang lebih teknis dan sangat berbeda antara perempuan dan laki-laki. Apalagi banyak perubahan baik secara fisik dan mental yang dialami juga. Teringat saat puber dulu bingung sekali dengan tubuhku sendiri. Sampai sekarang juga masih bingung karena ternyata ada banyak pemahaman yang baru diketahui setelah dewasa tentang reproduksi perempuan. Sungguh, dipikir-pikir dulu belajar biologi kayanya hanya formalitas semata.

Mungkin belum ada yang bisa aku praktekkan dari materi kali ini. Tapi semoga bisa jadi bekal untuk mempersiapkan ketika punya seseorang yang tengah menemani putrinya di masa puber. Pemahaman bahwa dulu puber lalu mens maka selesai, sudah seharusnya dilanjutkan dengan pembelajaran tentang mens itu sendiri. Mens sakit, terlambat, terlalu cepat bukanlah suatu hal yang biasa tapi merupakan satu gejala yang menunjukkan kondisi badan. Istilahnya kalau perempuan, bagi rapot kesehatan badannya itu pas mens. Sadar terhadap kondisi kesehatan reproduksi perempuan adalah langkah awal menjalankan peran sebagai calon ibu di masa depan.

Day 10 done.

Cheers. 

Comments

Popular Posts