Jurnal Zona 7 Hari 12 Pendidikan Seksualitas #BundaSayang


Ceritaku hari ini tentang kelompok yang tampil presentasi

Tidak terasa, hari ini akhirnya tiba giliran kelompok wag 1 untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang jika anak bertanya tentang pendikan seksual. Acara dipandu oleh Mba Difira dan Mba Risma, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Mba Yuli dan Mba Rizqa. Sepuluh jempol untuk tim presentasi atas penampilan hari ini. Apalagi salut dengan Mba Yuli yang mengalami selingan dari putra-putrinya dan sedikit gangguan teknis, namun tetap stay cool melanjutkan pemaparan beliau. Overall, penampilan kelompok wag 1 kece abisss (muji kelompok sendri gapapa ya.

Hal baik tentang pendidikan seksualitas yang saya peroleh

Lewat materi hari ii, aku jadi tahu bahwa ketika pada saatnya anak bertanya tentang pendidikan seksualitas, maka sebaiknya jawab dengan apa adanya dan istilah yang sebenarnya, agar tidak ada pemahaman yang salah pada anak. Begitu pun ketika anak fokus ke hal yang tidak seharusnya, maka orang tu aperlu mengarahkan ke hal yang positif, tidak hanya sekadar melarang tanpa memberikan solusi kepada anak. Pemaparan hari ini istilahnya sebagai cheat sheet orang tua yang berisi serba-serbi pertanyaan anak tentang pendidikan seksulitas. Yag paling hits tentu saja, kenapa bisa ada adik bayi? Nah lho. Jadi buibu pakbapak, bewara! Siapkan dulu jawabannya ya, biar anak tidak bingung dan malah mencari jawabannya dari orang lain.

Satu hal yang bisa segera saya praktekkan dari hal baik tersebut adalah

Yang bisa saya praktekkan minimal sebatas dengan penyebutan nama organ vital sesuai dengan nama aslinya dan tidak menggunaan sebutan-sebutan tidak ilmiah lainnya. Bahwa orang tua seharusnya adalah menjadi tempat belajar terbaik bagi anaknya, maka orang tua perlu mempersiapkan hal tersebut dengan punya ilmu yang tepat. Jangan biarkan anak mencari tahu sendiri namun mala mendaatkan jawaban yang salah dari orang lain. Ingat, jangan sampai mati gaya di depan anak karena tidak ada persiapan, ya!


Day 12 done.

Cheers. 

Comments

Popular Posts