Jurnal Zona 7 Hari 14 Pendidikan Seksualitas #BundaSayang


Ceritaku hari ini tentang kelompok yang tampil presentasi

Hari terakhir parade live ditutup oleh kelompok WAG 5 dengan topik Penyimpangan Seksual dan Pencegahannya. Wah, makin akhir ternyata makin panas isu-isu yang dibawakan. Penyampaian materi ini sudah terasa betapa tegang dan seriusnya sejak awal sampai akhir karena isunya memang bukan main. Menampilkan materi dipandu dengan MC dan 3 pemateri, paparannya sangat jelas dan bisa memberikan gambaran betapa ada banyak penyimpangan seksual masa kini. Yang spesial, presentasi kali ini ada sesi tanya jawab di akhir sesi. Wah rasanya makin komplit saat menyimak.

Hal baik tentang pendidikan seksualitas yang saya peroleh

Kalau orang bilang membicarakan hal seperti ini adalah tabu, sepertinya harus mulai dipertimbangkan lagi. Biar aapa? Ya biar tahu dong. Sama seperti halnya ketika berwudu/sholat, wajib hukumnya kita tau kalau kentut itu membatalkan wudhu dan sholat. Bukan karena tabu lantas kita tidak belajar tentang hal itu. Toh itu untuk kebaikan kita bersama, agar manusia tidak semakin menormalisasi sesuatu yang memang salah. Ada banyak macamnya ternyata jenis-kenis penyimpangan seksual, ada yang berdasarkan bentuk perilaku penyimpangan, penyaluran dorongan dan sasaran seksualnya. Oiya yang terlihat receh, jangan biarkan anak untuk menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya ya! Terlihat lucu memang memakaikan bando ke anak laki-laki, tapi sungguh tidak baik.

Satu hal yang bisa segera saya praktekkan dari hal baik tersebut adalah

Dalam ini, orang tua harus terjun langsung dalam perannya untuk mencegah atau mengatasi jika anak mengalami pelecehan seksual. Dekati anak secara intens, jadikan anak sebagai sahabat dimana mereka bisa bercerita segala hal tanpa merasa dihakimi oleh orang tua. Cita-citaku tentu saja ingin menjadi tempat pertama curhat bagi anak-anakku kelak. 

Day 14 done.

Cheers.

Comments

Popular Posts