Nonton Konser Langsung vs Nonton Konser di Bioskop



Penggemar genre musik mana pun, kebanyakan akan berharap suatu saat bisa menyaksikan idolanya secara langsung. Entah saat mereka mengadakan sekadar fan meeting atau bahkan bisa hadir langsung di konser. 

Tidak sedikit penggemar yang merogoh koceknya dalam-dalam demi bisa menyaksikan konser idolanya. Apalagi jika idolanya adalah artis mancanegara. Belum lagi umumnya konser hanya diselenggarakan di kota besar. Akibatnya, para penggemar di kota lain harus berkorban lebih agar bisa mewujudkan impian mereka.


Pengalaman Pertama Menonton Konser Secara Live

Saya sendiri sudah memiliki pengalaman menyaksikan konser secara langsung di Jakarta Tennis Indoor Senayan beberapa tahun silam. Pertimbangan ketika memutuskan untuk menyaksikan konser tentu sudah melewati banyak pemikiran. Yang pertama tentu dari sisi  penyanyi yaitu Mbak IU yang memang sudah lama saya gandrungi karya-karyanya.

Yang kedua saya juga pertimbangkan adalah genre musik dan penikmat musik IU adalah bukanlah remaja labil yang akan membuat mereka berjingkrak-jingkrak saat konser. Dan tentunya adanya ketersediaan tempat duduk selama berlangsungnya konser lah yang kemudian memutuskan saya untuk membeli tiketnya.

Bisa dikatakan sebagai pengalaman pertama yang menyenangkan. Saya bisa menyaksikan mbak IU secara langsung, mendengarkan lantunan lagu dengan tenang serta dapat merasakan keriuhan di lokasi konser dengan sesama penggemar. Uaena kami menyebutnya. Para fans mbak IU.


Baca juga : Nonton Konser IU-Love Poem di Jakarta 


Nonton Konser di Masa Pandemi

Era manusia setelah pandemi, memunculkan ide baru agar ada lebih banyak orang yang bisa menyaksikan konser idolanya tanpa harus jauh-jauh terbang ke kota lokasi konser. Alih-alih membeli video rekaman resmi yang bisa jadi tidak mudah untuk mendapatkannya. Kini kita cukup duduk manis di bioskop untuk menyaksikan konser idola kesayangan.

Pada mulanya bisa dikatakan adalah para idola Kpop (Korean Pop) yang memulai streaming konser mereka. Cukup dengan membayar harga tiket, kita bisa menyaksikan konser secara live dari depan laptop. Minimal kita sudah cukup menghemat anggaran transportasi. Meski mulanya karena adanya pembatasan sosial selama masa Covid-19.

Nonton konser dari laptop atau media komunikasi tentu belum bisa memuaskan banyak orang. Tidak terasa seperti konser betulan karena bisa jadi spesifikasi alat kurang memadai. Tidak ada sound system yang mengeluarkan suara dengan kualitas terbaik. Tidak terasa gegap gempita selayaknya konser karena hanya menonton dari secuplik layar.


Nonton Konser Versi Hemat di Bioskop

Ketika melihat para Kpopers berbondong-bondong menyaksikan konser di bioskop, ada pertanyaan yang muncul di benak saya. Emang enak ya? Yang kemudian akhirnya terjawab beberapa bulan lalu. 

Tahun lalu ketika menyaksikan potongan-potongan video Mbak IU di media sosial, bukan rasa iri yang muncul. Tapi lebih ke mengingatkan pengalamanku sebelumnya. Tidak terpikir ternyata setahun setelahnya, rekaman konser IU : The Golden Hour yang sebelumnya dirilis dalam bentuk DVD (yang aku belum mau membelinya haha) akan ditayangkan di bioskop CGV.

Tak perlu menunggu lama, aku putuskan untuk membeli tiketnya jauh-jauh hari. Sungguh sebuah keputusan yang tepat. Ditambah lagi pada saat itu aku mengajak serta suami untuk menonton. Meski harga tiketnya tidak terlalu murah tapi masih lebih murah dibandingkan idola KPop lainnya.

Pengalaman menonton konser di bioskop sebenarnya cukup dapat mengobati kerinduan menonton konser dan menjadi titik tengah antara kebutuhan dan anggaran. Cukup duduk manis, bisa sambil makan cemilan tapi juga bisa mendengarkan lantunan lagu-lagu dengan kualitas audio terbaik. Rasanya hampir sama seperti menyaksikan secara langsung. 

Nih, saya kasih spill potongan konsernya kemarin ya!

Video milik sendiri

Kalau ini kenangan saat konser 2019

Setelah merasakan sendiri keseruan (bagiku) menonton konser di bioskop, sepertinya akan jadi salah satu opsi ketika sudah tidak sanggup dan tidak mau lagi menonton konser secara langsung bagi saya.

Kalau teman-teman, akan lebih memilih yang mana? Nonton konser langsung dengan menunggu sang idola datang ke tempatmu atau cukup menyaksikan di bioskop? Yang mana pun pilihanmu, pastikan semua dilakukan dengan berkesadaran dan gembira, ya!


Cheers.


Comments

Popular Posts