Belajar Menulis (Lagi)

 


Tahun 2023 mulai bosan menggambar. Bukan bosan sebenarnya tapi lebih ke stuck dan bingung saking ramainya di dalam otak. Padahal di bulan Desember 2023 ini, Allah mampukan untuk membeli Ipad impian (halah). Iya, yang dimimpi-mimpi sudah sejak lama dan masih berpikir cukuplah dengan tab yang ada. Toh ada aja yang bisa punya penghasilan dengan modal hp doang.

Dan taraaa... akhirnya memutuskan beli juga haha.Untuk sementara si Ipad sambil usernya beradaptasi dengan kecanggihan teknologi terbaru, masih dimaksimalkan untuk menulis digital. Akhirnya baru tahu kenapa bubos sempat mupeng juga beli Ipad karena lihat teman sekelasnya banyak yang menggunakan Ipad selama perkuliahan. Anak kuliah jaman now ya bu. Entah kenapa tapi feelingku masih lebih nyaman dengan buku fisik. Meski boros kertas memang.

So far dengan pembelian ipad ini, sudah membuatku belanja produk digital untuk aplikasi mencatat Collanote (dapat discount code 50% cintaaa). Kenapa ga pakai GoodNotes? Karena ternyata sekarang modelnya harus berlangganan. So sorry, I cant afford that yet. I am not ready for a long term relationship with digital product. Lalu untuk aplikasi menggambar incaran, ada Procreate dan Affinity Designer (AD). Target awal tentu si AD ini karena mau fokus di vektor. Masih lihat-lihat dan akhirnya mencoba trial 30 hari. Dasar aku, sudah dapat trial tapi ya belum dimaksimalkan. Eh, tanpa aba-aba ada informasi diskon juga dong. Yaudah deh, tcus, beli. Cheap me.

Karena aku juga masih ingin mengembangkan skill yang sekiranya bisa dijadikan kesibukan rutin dan tentunya menghasilkan cuan (amin). Aku memutuskan untuk mendalami skill copywriting. Tentu karena termakan promosi para influencer yang memang sudah jadi copywriter. Menjadi Medkomkraf Hima Balikpapan Raya ternyata belum membuatku terpecut. Padahal kalaulah harus membuat konten IG saja rasanya masih sulit untuk menyusun captionnya. Sehingga pada akhirnya aku memutuskan bergabung dengan Ipedia Website.

Wow, mainan apalagi ini bu? Tanpa sengaja ada postingan Ipedia Berita Baik lewat di timeline IG. Mereka sedang membuka program magang untuk penulis artikel selama 3 bulan. Tanpa babibu langsung daftar dan dihajar dengan kewajiba menulis 1 artikel dalam 1 minggu. Agak mabok memang. Tapi dipikir-pikir ini masih lebih mudah ketimbang menulis dari hasil wawancara. Aku hanya perlu menuliskan artikel dari tayang Youtube Ipedia Berita Baik.

Selama 3 minggu, kami juga digembleng dengan pelatihan menulis artikel. Duh, jadi teringat masa-masa menjadi jurnalis di SMA dan tingkat akhir kuliah. Sayang, kenapalah tidak kuseriusi dari dulu. Termasuk menulis di blog juga. Teringat di semester 3 kalau tidak salah, kami mendapatkan mata kuliah wajib Elektronika. Dosennya adalah Pak Budi Rahardjo (beliau ngeblog juga loh). Kami diwajibkan membuat blog dan menuliskan tugas kami di sana. Tepatnya seperti apa, aku sudah lupa tentu.

Oke, kembali ke Ipedia Website. Setelah melewati 3 bulan magang, alhamdulillah aku jadi salah satu yang bisa bergabung dengan tim. Jadilah sekarang diberikan amanah untuk menulis artikel untuk tayangan This is Me yang tayang setiap hari Kamis. Yang mau lihat main ke sini ya. Kalau ini artikel yang aku buat. Siapa yang butuh bantuan boleh dicolek dong.

Sambil menulis artikel, kami juga diajarkan cara mengoperasikan blog melalui aplikasi Wix, pengunaan SEO dan juga hal lain yang berhubungan dengan dunia blog. Sampat saat ini, masih agak terengah-engah juga saat menulis artikel. Padahal kalau lagi moncer bisa lah 2 jam selesai.

Menambah keseruan di dunia menulis tahun 2024, aku juga memutuskan mengikuti Kelas Literasi IbuProfesional (KLIP). Dalam project ini kami diminta untuk menyetorkan tulisan secara rutin. Minimal 10 hari dalam 1 bulan untuk bisa dapat badge Good. Kalau mau lebih bagus bisa submit 20 sampai dengan 30 tulisan. Bentuknya bebas, boleh dalam blog, sosmed atau Gdocs yang sifatnya privat bahkan. Aku sendiri memilih mengkombinasikan semuanya. Sementara ini masih banyak tulisan dalam Gdocs yang sifatnya curhat. Yah, sekaligus untuk membersihkan isi kepala dan siapa tahu jadi tulisan yang bisa dibaca anakku kelak.

Lalu..lalu.. secara rutin sebulan sekali harus membuat konten IG IP Balikpapan Raya yang diambil dari event WAG rutin dimana setiap member bisa berkenalan dan saling tanya jawab. Tidak perlu mencari ide kemana-mana, hanya perlu kerajinanku dalam menuliskan rangkuman dalam bentuk infografis dan tambahan caption.

Kalau dilihat, ah dikit aja nih. Padahal rasanya sudah padat kalau harus menulis untuk 3 aktivitas utama tadi. Tak apa, memang niatku menulis untuk berlatih. Apalagi KLIP ini semoga bisa membuatku semakin mudah menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. Syukur-syukur suatu saat bisa jadi penghasilan tambahan. Kira-kira project menulis apa lagi yang perlu aku coba ya?


Cheers.

Comments

Popular Posts