Jurnal Zona 1 Hari 11 Self - Awareness #Bunda Sayang

 

Weekend pertama di bulan Ramadhan. Kali ini alhamdulillah dapat kesempatan ikut tahsin di Masjid Namirah. Ustadzahnya impor dari Jogja. Sempet sedih kok ga bisa ikut kelas tahsin spesial Ramadhan (kurang memenuhi syarat, antara bacaan sudah ga jelek-jelek amat, tapi ya kurangnya masih banyak haha). Tiba-tiba dikontak admin kelas buat ikut kelas tahsin dadakan *seperti tahu bulat yang digoreng dan nikmat

Hari ini pertemuan ke-2 buat olahraga mulut (iya, ini ustdzahnya sendiri yang bilang). Latihan makhraj dan sifat huruf, talaqqi diulang-ulang, di saat bulan Ramadhan. Wah, sedaaap. Padahal yang dibaca qulhu maning. Kan uda hafal? Iya hafal, tapi tajwidnya masih jauh dari sempurna. Namanya olahraga pasti lelah dan haus, bukan? Olahraga mulut ini pun sama. Alhamdulillah didukung dengan tempat belajar yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan bikin kita makin adem ngantuk. 

Emosi yang muncul macem-macem dong. Tapi berusaha menyemangati diri. Ingat kajian Ngeslow minggu lalu. Manusia itu cuma menjalani hidup di dunia 2 menit 1 detik dibandingkan dengan perjalanan sebagai ruh sampai nanti di yaumul hisab. Yok, bisa yok cuma 2 menit 1 detik aja. 

"Bersemangatlah kalian kepada apa yang bermanfaat bagi kalian., mintalah pertolongan Allah dan jangan malas" (HR Bukhori & Muslim).

Yahya bin Abi Katsir rahimahullah berkata "Ilmu tidak akan didapatkan dengan tubuh yang santai (tidak bersungguh-sungguh)"

Yuk yuk semangat lagi. 

Betewe, mengerjakan jurnal emosi zona 1 ini ternyata lumayan mengasah emosi diri untuk bermuhasabah. Jadi tahu oh kemarin aku menghabiskan waktu untuk ini itu. Sempet galau marah sedih. Lalu mikir, halah ngapain juga kemarin kaya gitu wkwkwk. In a good way, though. Jadi punya habit menyediakan satu waktu, maksimal 1 jam lah buat nulis jurnal. Dibatasi agar sang penulis tidak kebanyakan galau atau ngelantur kemana-mana. Sollchikki, aku suka menulis. Cumaaa masih harus belajar menentukan kapan harus menulis.

Maafin yak, insightnya sering random.

Day 11 done!

Cheers!

Comments

Popular Posts